view my profile @ facebook

Sabtu, 25 Desember 2010

PERLUNYA SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN DEMI KELANCARAN PROSES ADMINISTRASI

Aplikasi SIPEG (Sistem Informasi Kepegawaian adalah aplikasi berbasis web yang digunakan untuk menunjang proses administrasi kepegawaian.
SIPEG bertujuan untuk membuat manajemen sumber daya manusia menjadi terintegrasi, terpadu dan reliable dengan cara memberikan potret kondisi kepegawaian terakhir.
Fungsi SIPEG ?
Fungsi SIPEG antara lain untuk menunjang dan mempercepat proses promosi pegawai, baik jabatan, pangkat dan gaji. Selain itu SIPEG juga membantu dosen dalam penghitungan angka kredit kumulatif dan merekapitulasi kegiatan-kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

SIPEG membantu penyebaran berita dari pihak Universitas ke Fakultas dan pegawai secara lebih cepat. SIPEG juga memfasilitasi pegawai yang ingin bertanya mengenai proses kepegawaian kepada pihak SDM UI.
Manfaat SIPEG ?
Manfaat SIPEG antara lain menyimpan data diri secara lengkap, riwayat jabatan, pangkat dan gaji. SIPEG juga mempermudah pegawai untuk melihat unsur-unsur apa saja yang harus dipenuhi agar dapat segera melakukan promosinya.
Siapa pengguna SIPEG ?
Pengguna SIPEG adalah pegawai yang mempunyai Nomor Identitas Pegawai .
Aplikasi SIPEG saat ini sudah diimplementasikan di bagian kepegawaian Universitas Indonesia.Manfaat secara umum dari SIPEG ini yaitu memperlancar segala urusan yang berkaitan dengan kepegawaian. Sehingga informasi  yang diperlukan mengenai semua data pegawai dapat dilihat di aplikasi ini. Yang saya harapkan, Aplikasi SIPEG ini tidak hanya diimplementasikan di Universitas Indonesia saja, namun di universitas lain, maupun di semua organisasi yang memiliki urusan kepegawaian. Diharapkan mampu membantu kelancaran proses administrasi yang ada di semua organisasi.
 Oleh : Septiandita Arya Muqovvah
Sumber Referensi : ui.ac.id

organizations with more convenient access to government information and services and to provide delivery
of public services to citizen, business partners, and those working in the public sector.
E-Government is the use of information and communication technologies (ICTs) to improve the activities
of public sector organizations.
brought revolution in the governance of the government.
be low as compared to other countries.
capita income and limited financial resource.
suggested for the effective implementation of e-government in India.

Tidak ada komentar: